Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Diabetes

Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Diabetes – Penyakit diabetes merupakan penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula yang berada jauh di atas normal. Glukosa itu sendiri sangat penting bagi kesehatan karena merupakan sumber energi utama bagi otak dan sel-sel yang memebentuk otot serta jaringan pada tubuh manusia.

Namun Diabetes dengan pola hidup yang baik dapat mengontrol kadar gula darah. Dan salah satu caranya yaitu dengan menghindari beberapa makanan yang sekiranya dapat meningkatkan kadar gula. Penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan yang mengandung kalori tinggi.

Selama ini beredar anggapan bahwa penderita diabetes harus menghindari makanan yang manis dan itu tidak sepenuhnya benar. Penderita diabetes masih bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis atau mengandung gula selama tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes, yaitu :

Roti putih, pasta tepung terigu dan nasi

Merupakan sumber utama dari karbohidrat sederhana dan hanya memiliki sedikit serat. Ketiganya bukanlah merupakan pilihan yang tepat bagi penderita diabetes namun justru sebaliknya, yaitu membahayakan bagi penderita diabetes. Karbohidrat sederhana ini sangat mudah untuk diserap oleh tubuh untuk kemudian diubah menjadi gula darah. Dengan mengurangi nasi merupakan cara yang aman dan sekaligus juga dapat menjaga kadar gula darah penderita diabetes tetap stabil.

Minuman kemasan

Yang terutama yaitu jus kemasan atau soda. Pada minuman bersoda biasanya memiliki kandungan gula sekitar 30 gram gula per 350 ml. Dan beberapa minuman lainnya mengandung pemanis fruktosa yang dapat memicu resistensi insulin terutama pada penderita diabetes serta manjadi penyebab penimbunan lemak di perut.

Buah Kering

Pada buah yang dikeringkan memiliki konsentrasi nutrisi yang lebih tinggi akan tetapi kandungan gulanya juga ikut terkonsentrasi. Jadi sebaiknya pilihlah buah segar dengan kadar gula yang rendah seperti apel.

Makanan kaya lemak trans

Biasanya ditemukan pada margarin, selai serta makanan yang diawetkan. Lemak trans dapat memicu resistensi insulin serta sib=ndrom metabolik dan faktor resiko terjadi kerusakan pembuluh darah seperti mengurangi kadar HDL.

Kentang goreng

Kombinasi antara karbohidrat tinggi dari kentang dan minyak goreng dapat meningkatkan kadar gula darah. Dalam satu buah kentang dengan ukuran sedang mengandung sekitar 30 gram karbohidrat, dan dengan menggorengnya dapat memicu pembentukan komponen kimia aldehida yang dapat memicu perkembangan penyakit diabetes.

Madu, Sirup agave dan Sirup Maple

Ketiganya ini meskipun sering menggunakan pengganti gula pasir namun tidak lebih baik dari gula alami. Seandainya pada satu sendok makan gula putih memiliki 12.6 gr glukosa tetapi kadar glukosa madu sebesar 17 gr, sirup agave sebesar 16 gr dan sirup maple sebesar 13 gr. Jadi sebaiknya kurangi konsumsi pemanis akan lebih efektif dibandingkan dengan mengganti gula dengan ketiganya.

Kopi berperisa

Yaitu kopi yang dijajakan di kedai-kedai kopi pada umumnya mengandung gula yang lebih banyak karena ditambahkan karamel, sirup coklat atau whipped cream.

 

 

www.obatdiabetes.co.id

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s